JURNAL ECONOMINA
Vol. 3 No. 2 (2024): JURNAL ECONOMINA, Februari 2024

Analisis Komparasi Kinerja Keuangan Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Pulp dan Kertas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Zhakila Sutendi (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Yayan Hendayana (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Ari Sulistyowati (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan sebelum dan selama pandemi covid-19 pada sub sektor pulp dan kertas. Metode pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan melalui dokumentasi. Penelitian ini juga memanfaatkan rasio likuiditas (current ratio dan quick ratio), rasio solvabilitas (debt to asset ratio dan debt to equity ratio), rasio profitabilitas (return on asset dan net profit margin), dan rasio aktivitas (total asset turnover dan inventory turnover) yang dianalisis menggunakan analisis komparatif wilcoxon signed test. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya penurunan pada rasio solvabilitas dan rasio aktivitas selama pandemi covid-19 yang bersifat signifikan setelah menggunakan uji statisk, tetapi tidak terdapat perbedaan pada rasio likuiditas dan profitabilitas yang bersifat signifikan sebelum dan selama pandemi covid-19.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...