Permasalahan yang timbul karena pengelolaan berkas pinjaman nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Semplak Bogor masih dilakukan secara manual diantaranya kesalahan pemberian nomor pangkal karena pengurutan dilakukan terhadap berkas yang banyak, proses pemberkasan memerlukan banyak waktu, lamanya proses pencarian berkas ketika dibutuhkan kembali, dan resiko kehilangan data karena kemungkinan terjadi kerusakan pada buku register. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Konsep rancangan database dan model sistem menggunakan ERD, LRS, dan UML. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam mengatasi permasalahan yang ada karena sistem pengelolaan berkas yang masih manual. Hasil dari penelitian berupa sistem informasi pengelolaan berkas pinjaman nasabah yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, mengurangi antrian, mempermudah dalam pengelolaan dan pencarian data serta membuat pekerjaan lebih efisien. Hasil pengujian akhir baik dari sisi front end dan back end dapat disimpulkan bahwa sistem ini memperlihatkan kesuksesan 100% untuk setiap menu yang disediakan pada sistem
Copyrights © 2023