Sociality: Journal of Public Health Service
Volume 2, Nomor 1, Februari 2023

Penyuluhan CTPS dan KGM terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 48 Lappae, Sinjai

Syamsul Alam (Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muh. Ikhwan Amin Nur (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Zaid Zamakhsyari (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Nur Ilham (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ananda Savira Dwi Rezky Ramadhani (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Desi Ratnasari (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nurasiska (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
L. Zakiyah Nur S (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Yustika Sari (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nurhidayat (Mahasiswa KKN Angkatan 69, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) disekolah adalah upaya untuk memberdayakan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikan PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat melalui cuci tangan pakai sabun (CTPS) & sikat gigi dengan baik dan benar. Salah satu upaya mewujudkan PHBS melalui kegiatan penyuluhan pada siswa sekolah dasar. Program penyuluhan dan praktek Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) & kesehatan gigi dan mulut bertujuan memeberikan edukasi kepada siswa SDN 48 Lappae di Desa Saotengah Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Selain itu juga untuk mengetahui seberapa efektif pengaruh kegiatan penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang CTPS dan Kesehatan Gigi & Mulut (KGM) sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan. Sasara kegiatan adalah siswa kelas 5 yang berjumlah sebanyak 33 orang. Data dianalisis dengan rancangan one group pre-post test design dengan uji Wilcoxon. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan respoden tentang CTPS dan KGM mengalami meningkatan setelah dilakukan penyuluhan di kelas. Hasil analisis statistik diperoleh nilai taraf signifikan sebesar p=0,000 < 0,05, hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan responden sebelum dan setelah kegiatan penyuluhan penyuluhan PHBS tentang CTPS dan Kesehatan Gigi & Mulut (KGM). Siswa diharapkan dapat mempunyai kesadaran yang tinggi dalam melakukan kebiasaaan CTPS, menjaga kesehatan gigi dan mulut dan pihak sekolah diharapkan menyediakan fasilitas PHBS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sjphs

Publisher

Subject

Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Sociality: Journal of Public Health Service, with e-ISSN: 2962-181X and p-ISSN 2962-3472, is a journal published by the Department of Public Health, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia since 2022. This scientific journal is issued twice a year in August and February. The focus of ...