Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
Vol 9, No 2 (2021)

UJI KELAYAKAN LKS MODEL PjBL TERINTEGRASI STEAM UNTUK MEMBANGUN KREATIVITAS SISWA SMA PADA PEMBUATAN INDIKATOR ASAM BASA BERBAHAN BUNGA

Nela Andani (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Wawan Wahyu (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Ali Kusrijadi (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKS model PjBL terintegrasi STEAM dalammembangun kreativitas siswa SMA Kelas XI pada pembuatan dan penentuan trayek pH indikatorasam basa berbahan bunga yang layak ditinjau dari kelayakan internal. Metode penelitian yangdigunakan adalah deskriptif evaluatif dengan desain penelitian Design-based Research. Partisipanpenelitian ini adalah 5 orang ahli kimia. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaiankonten LKS, lembar penilaian konstruk LKS, dan lembar penilaian teknis LKS. Hasil ujikelayakan internal menurut penilai 1 berkategori baik dari kesesuaian konten dan sangat baikdari kesesuaian konstruk dan teknis, sedangkan menurut penilai 2, 3, 4, dan 5 berkategori sangatbaik dari kesesuaian konten, konstruk, dan teknis. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, makadapat dikatakan bahwa LKS layak digunakan untuk membangun kreativitas siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRPPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” adalah jurnal berkala yang terbit satu tahun 2 kali pada setiap bulan April dan Oktober, diterbitkan oleh Masyarakat Pendidikan Kimia Indonesia (MAPIKI). Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” fokus pada hasil studi bidang pendidikan kimia. ...