Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
Vol 8, No 2 (2020)

POTENSI LKS PRAKTIKUM SIFAT LARUTAN ELEKTROLIT BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Alda Fahmia Sofha (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Gebi Dwiyant (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
F.M Titin Supriyanti (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil analisis potensi lembar kerja siswa (LKS) praktikum pada sifat larutan elektrolit berbasis inkuiri terbimbing untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari 5 penilai yaitu, 3 dosen kimia FPMIPA UPI dan 2 guru di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung. Instrumen berupa lembar potensi LKS berbasis inkuiri terbimbing yang dianalisis untuk mengembangkan KPS. Hasil penelitian menunjukkan lembar kerja siswa (LKS) berpotensi untuk mengembangkan keterampilan proses sains (KPS) siswa dengan kategori sangat baik, pada indikator mengamati/observasi, mengelompokan/klarifikasi, menafsirkan/interpretasi, meramalkan/prediksi, mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan/penyelidikan, menggunakan alat/bahan/sumber, menerapkan konsep, melakukan komunikasi dan melaksanakan percobaan/penyelidikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRPPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” adalah jurnal berkala yang terbit satu tahun 2 kali pada setiap bulan April dan Oktober, diterbitkan oleh Masyarakat Pendidikan Kimia Indonesia (MAPIKI). Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” fokus pada hasil studi bidang pendidikan kimia. ...