Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
Vol 8, No 2 (2020)

ANALISIS MUATAN LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS KIMIA SMA DI KOTA BANDUNG

Annisa Mustika Pertiwi (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Hernani Hernani (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Ahmad Mudzakir (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya literasi sains peserta didik diantaranya karena kurangnya muatan aspek-aspek literasi sains dalam buku teks pembelajaran yang digunakan oleh siswa. Buku teks sains yang baik setidaknya memuat setiap aspek literasi sains secara seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi terkait muatan literasi sains yang terdapat dalam buku teks kimia SMA kelas X yang paling dominan digunakan oleh guru dan peserta didik SMA Negeri di Kota Bandung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif secara kuantitatif menggunakan prosedur penelitian Chiapetta et al (1991) berdasarkan empat aspek literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks yang dianalisis memuat 76% tema sains sebagai kerangka pengetahuan, 13% sains sebagai penyelidikan, 8% sains sebagai cara berpikir dan 3% interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat. Konten dalam buku teks yang dianalisis didominasi oleh sains sebagai kerangka pengetahuan dan belum menunjukkan keseimbangan aspek-aspek literasi sains dalam isinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRPPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” adalah jurnal berkala yang terbit satu tahun 2 kali pada setiap bulan April dan Oktober, diterbitkan oleh Masyarakat Pendidikan Kimia Indonesia (MAPIKI). Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” fokus pada hasil studi bidang pendidikan kimia. ...