Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
Vol 10, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA MATERI ASAM BASA

Nenden Nurhalimah (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Rahmat Setiadi (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Muhammad Nurul Hana (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Ijang Rohman (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk aplikasiberbasis smartphone pada materi asam basa. Metode yang digunakan adalah Developmental Researchdengan tahap pemroduksian menerapkan model pengembangan ADDIE. Kelayakan aplikasipembelajaran dari segi materi dan segi media dinilai oleh tiga orang dosen ahli dan uji cobaterbatas dilakukan kepada tiga orang pendidik dan lima orang peserta didik. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penjelasan materi asam basa pada media pembelajaran yang dikembangkansecara keseluruhan menggunakan teks dan didukung oleh media grafis berupa gambar, animasi,dan audio. Menurut dosen ahli dan pendidik, media pembelajaran yang dikembangkan, dari segimateri maupun dari segi media layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Berdasarkan tanggapan peserta didik, media pembelajaran yang dikembangkan menarik untukdigunakan, membuat rasa ingin tahu lebih jauh terhadap materi asam basa, membantu pesertadidik untuk mempelajari materi asam basa, serta menumbuhkan motivasi peserta didik dalammempelajari materi asam basa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRPPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” adalah jurnal berkala yang terbit satu tahun 2 kali pada setiap bulan April dan Oktober, diterbitkan oleh Masyarakat Pendidikan Kimia Indonesia (MAPIKI). Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” fokus pada hasil studi bidang pendidikan kimia. ...