Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
Vol 10, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA SUB MATERI ALKALI TANAH

Pupu Puspitasari (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Muhamad Nurul Hana (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Rahmat Setiadi (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Ijang Rohman (Program Studi Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis smartphone pada sub materi alkali tanah. Pembelajaran pada topik kimia unsur cenderung tidak melibatkan banyak perhitungan dan guru cenderung kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Diharapkan, dengan adanya media pembelajaran berbasis smartphone dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajarai materi kimia unsur dan dapat digunakan menjadi salah satu media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Developmental Research dengan tahap pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan berisi teks, gambar dan video. Tanggapan dari pendidik, menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis smartphone yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran sub materi alkali tanah. Hasil tanggapan peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan menarik untuk digunakan, membangkitkan rasa ingin tahu dalam mempelajari sub materi alkali tanah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRPPK

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” adalah jurnal berkala yang terbit satu tahun 2 kali pada setiap bulan April dan Oktober, diterbitkan oleh Masyarakat Pendidikan Kimia Indonesia (MAPIKI). Jurnal “Riset dan Praktik Pendidikan Kimia” fokus pada hasil studi bidang pendidikan kimia. ...