Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 3 No 4 (2023): Vol. 3 No. 4 Edisi November 2023

PENGEMBANGAN POP-UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL FLORA FAUNA GRESIK

Fanana Firdaus (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Nataria Wahyuning Subayani (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Ismail Marzuki (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan alat pembelajaran interaktif dalam bentuk buku pop-up, dengan memanfaatkan pengetahuan lokal yang kaya tentang flora dan fauna unik Gresik, yang disesuaikan untuk siswa sekolah dasar kelas empat. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) untuk memandu metodologinya. Partisipan penelitian meliputi ahli media, ahli materi, dan siswa kelas empat dari SD Negeri 260 Gresik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media pembelajaran buku pop-up, yang mengambil inspirasi dari kearifan lokal Gresik mengenai beragam kehidupan tumbuhan dan hewan di wilayah tersebut, dapat diintegrasikan secara efektif dalam proses pendidikan. Para ahli media memberikan evaluasi yang sangat baik, dengan nilai sebesar 92,8%, sedangkan ahli materi memberikan nilai yang tinggi pula, yaitu sebesar 92,5%. Selama fase implementasi, observasi menghasilkan nilai sempurna sebesar 100%, mencerminkan integrasi yang lancar dalam ruang kelas. Selain itu, respons siswa terhadap alat pembelajaran inovatif ini sangat positif, dengan tingkat kepuasan sebesar 95,5%.   Kata Kunci: pop-up book, kearifan lokal,  flora, fauna, Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan alat pembelajaran interaktif dalam bentuk buku pop-up, dengan memanfaatkan pengetahuan lokal yang kaya tentang flora dan fauna unik Gresik, yang disesuaikan untuk siswa sekolah dasar kelas empat. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) untuk memandu metodologinya. Partisipan penelitian meliputi ahli media, ahli materi, dan siswa kelas empat dari SD Negeri 260 Gresik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media pembelajaran buku pop-up, yang mengambil inspirasi dari kearifan lokal Gresik mengenai beragam kehidupan tumbuhan dan hewan di wilayah tersebut, dapat diintegrasikan secara efektif dalam proses pendidikan. Para ahli media memberikan evaluasi yang sangat baik, dengan nilai sebesar 92,8%, sedangkan ahli materi memberikan nilai yang tinggi pula, yaitu sebesar 92,5%. Selama fase implementasi, observasi menghasilkan nilai sempurna sebesar 100%, mencerminkan integrasi yang lancar dalam ruang kelas. Selain itu, respons siswa terhadap alat pembelajaran inovatif ini sangat positif, dengan tingkat kepuasan sebesar 95,5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...