Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 4 No 1 (2024): Vol. 4 No. 1 Edisi Februari 2024

PENDEKATAN, MODEL, METODE, MEDIA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF SEKOLAH DASAR UNTUK IPA

Windy Puspitasari (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Isnaini Mau'idzoh (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Karin Alodia (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Yunita Nuraini (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Hezra Rindiyastika (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Sahra Ningrum (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Fitri Nurfiani (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendekatan, model, metode, media dan strategi pembelajaran IPA kelas 4 dengan menggunakan hasil survey lapangan yang telah dilakukan.. Untuk kelas 4, SD tersebut menerapkan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil survey diketahui bahwa SD tersebut menggunakan pendekatan saintifik, kooperatif learning, demonstrasi dan diskusi kelompok. Model yang digunakan, yaitu video based learning dan pembelajaran berbasis proyek. Di SD tersebut menerapkan metode ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah proyektor, PPT dan google form. Strateginya yaitu praktek langsung sesuai materi IPA yang sedang dipelajari. Dari hasil pengamatan guru wali kelas 4 siswa lebih senang dan aktif jika mengerjakan proyek dibandingkan dengan ceramah saja. Nilai yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan secara bertahap

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...