Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial

Erni Fatmawati (IKIP PGRI Pontianak)
Hana Mauludea (IKIP PGRI PONTIANAK)
Farhan Ramadhan Muhamad Alatri (IKIP PGRI PONTIANAK)
Husin Husin (IKIP PGRI PONTIANAK)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan bentuk survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru IPS dan Siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pontianak. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan komunikasi tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Negeri 16 Pontianak memerlukan media pembelajaran berbasis video Sparkol VideoScribe berdasarkan hasil penghitungan persentase jawaban 75%.  

Copyrights © 2023