Bahasa Arab menjadi mata pelajaran wajib di madrasah baik tinngkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Maka untuk mencapai pembelajaran bahasa Arab yang maksimal maka diperlukan kurikulum pembelajaran bahasa arab yang tepat. Dan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi keberhasilan kurikulum adalah pemberdayaan bidang manajemen atau pengelolaan kurikulum di lembaga pendidikan yang bersangkutan, pengelolaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan atau sekolah perlu dikoordinasi oleh pihak pimpinan lembaga yang dikembangkan secara integral yaitu memadukan spiritual, sikap dan pengetahuan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serta disesuaikan dengan visi dan misi pendidikan yang bersangkutan. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) akan menjadi nilai lebih bagi kepala sekolah atau madrasah, komite sekolah, pengawas, dinas terkait dan para guru untuk bisa berdiskusi untuk merumuskan kurikulum bahasa Arab yang sesuai kebutuhan lembaga, lingkungan dan dapat menciptakan suasana belajar dalam proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik yang pada akhirnya peserta didik dapat mengembangkan diri secara maksimal sesuai bakat dan minatnya. Adapun kelemahan dari penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sebagai besar tenaga pendidik atau guru belum terbiasa untuk mengembangkan model-model kurikulum pembelajaran khususnya dalam bahasa Arab. Mengingatnya sebelumnya mereka hanya mempunyai pengalaman menerapkan kurikulum secara instan. Serta juga, kemampuan guru yang berbeda menjadikan penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurang maksimal.
Copyrights © 2023