Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran terutama muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Pangebatan Korwilcam dindik Karanglewas pada Tema 4 serta untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang sudah berjalan agar dapat lebih baik lagi. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Pangebatan menunjukkan bahwa banyak peserta didik dan orang tua kurang antusias dengan pembelajaran yang ada karena terasa monoton dan membosankan. Hal ini dapat dilihat dalam pembelajaran Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 1, dari 12 peserta didik di kelas IV, hanya 50% saja yang dapat mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas. Banyak masalah-masalah yang timbul diantaranya guru dan siswa belum siap dengan proses belajar daring yang harus mengahadirkan sarana dan prasarana yang mendukung. Siswa kurang aktif belajar secara mandiri dan guru tidak memaksimalkan penggunaan media dan model pembelajaran yang sesuai. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran.Dengan mengaplikasikan model Problem based learning maka Siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan kalimat saran atau pendapat. Terbukti dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan. Dapat dilihat dalam hasil akhir bahwa dari 12 siswa sudah 7 siswa (58%) mampu memberikan kalimat saran dalam masalah sederhana, dengan kriteria penampilan, bahasa, isi,dengan baik atau berada pada kategori tinggi, 5 siswa (42%) mampu memberikan kalimat saran dalam masalah sederhana, dengan kriteria penampilan, bahasa, isi,dengan baik atau berada pada kategori sedang
Copyrights © 2023