Perkembangan teknologi membawa alternatif pilihan hiburan yang beragam, salah satunya adalah online games. Namun dengan adanya peningkatan penggunaan online games, fenomena adiksi online games tidak dapat dihindari. Adiksi online games merupakan sebuah perilaku tidak terkontrol dan bermasalah terhadap online games dimana perilaku tersebut memberikan konsekuensi negatif pada kehidupan individu yang bersangkutan, baik secara fisik, mental maupun sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dan kontrol diri dengan adiksi online games pada remaja.Responden penelitian ini berjumlah 52 orang remaja, berusia 15-18 tahun, bertempat tinggal di Surakarta, dan memenuhi setidaknya 5 dari 9 kriteria adiksi online games. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Adiksi Online Games (Cronbach’s α= 0.891), Skala Kesepian (Cronbach’s α= 0,931) dan Skala Kontrol Diri (Cronbach’s α= 0,848). Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linier bergandaHasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan kesepian dan kontrol diri dengan adiksi online games memiliki hubungan yang signifikan (= 17,231 (p<0,05) > = 3,18). Secara parsial kesepian tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan adiksi online games (= -0,346 < = 2,000958) sedangkan kontrol diri memiliki hubungan yang signifikan dengan adiksi online games ( = -4,811 < = 2,000958) Sumbangan dari kedua variabel prediktor terhadap variabel kriterium sebesar 41,3% dengan variabel kontrol diri menyumbang sebanyak 41,1% dan variabel kesepian sebanyak 0,1%.
Copyrights © 2022