Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang kita kenal dengan sebutan PTK (Classroom Action Research), dengan subyek penelitian pada siswa kelas IV SD GMIH L.O.C, dengan jumlah siswa 18 orang, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Explicit Instruction pada pembelajaran IPA di kelas IV SD GMIH L.O.C Kabupaten Pulau Morotai. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan secara garis besar, terdapat empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 4 orang (22%) dari jumlah keseluruhan (18 siswa), sementara 14 siswa (78%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan hasil belajar sebesar (66%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 16 siswa (88%) dan yang belum berhasil 2 siswa (11%). Sehingga proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok pembahasan Akar Serabut dan Akar Tunggang.
Copyrights © 2024