Jurnal Pasifik Pendidikan
Vol 3 No 1 (2024): Februari

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan menggunakan Metode Pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas IV SD GMIH L.O.C Kabupaten Pulau Morotai

Gullyt Karlos Papingka (Program Studi PGSD Universitas Pasifik Morotai)
Ledy Yanti Lessy (Program Studi PGSD Universitas Pasifik Morotai)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas yang kita kenal dengan sebutan PTK (Classroom Action Research), dengan subyek penelitian pada siswa kelas IV SD GMIH L.O.C, dengan jumlah siswa 18 orang, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Explicit Instruction pada pembelajaran IPA di kelas IV SD GMIH L.O.C Kabupaten Pulau Morotai. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan secara garis besar, terdapat empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 4 orang (22%) dari jumlah keseluruhan (18 siswa), sementara 14 siswa (78%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan hasil belajar sebesar (66%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 16 siswa (88%) dan yang belum berhasil 2 siswa (11%). Sehingga proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok pembahasan Akar Serabut dan Akar Tunggang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cakupan dari Jurnal Pasifik Pendidikan meliputi : 1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2. Pendidikan Bahasa Inggris 3. Pendidikan Bahasa Indonesia 4. Pendidikan Matematika 5. Pendidikan Fisika 6. Pendidikan Biologi 7. Pendidikan Kimia 8. Pendidikan Geografi 9. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ...