Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 1 (2023): Oktober

Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tematik di SD Kemala Bhayangkari Makassar

Mahdiyah (Universitas Negeri Makassar)
Jamaluddin P (Universitas Negeri Makassar)
Ervi Novitasari (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Proses pembelajaran hingga saat ini masih cendenrung pasif karena guru masih menggunakan metode pembelajaran satu arah. Masih banyak guru yang kurang inovatif dalam menentukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran team game tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di SD Kemala Bhayangkari Makassar. Subjek penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan jumlah 11 siwa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 65,60% dan siklus II sebesar 88,51%. Terjadinya peningkatan keaktifan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun nilai rata-rata pretest sebesar 58,2, sedangkan nilai rata-rata posttest siklus I sebesar 72 dan siklus II sebesar 90. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa serta penerapan model pembelajaran TGT efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran tematik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...