Proses pembelajaran hingga saat ini masih cendenrung pasif karena guru masih menggunakan metode pembelajaran satu arah. Masih banyak guru yang kurang inovatif dalam menentukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran team game tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di SD Kemala Bhayangkari Makassar. Subjek penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan jumlah 11 siwa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 65,60% dan siklus II sebesar 88,51%. Terjadinya peningkatan keaktifan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun nilai rata-rata pretest sebesar 58,2, sedangkan nilai rata-rata posttest siklus I sebesar 72 dan siklus II sebesar 90. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa serta penerapan model pembelajaran TGT efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran tematik.
Copyrights © 2023