Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 5 (2023): JAMSI - September 2023

Penerapan Asap Cair Tempurung Kelapa (Liquid Smoke) sebagai Bio-Insektisida pada Tanaman Kedelai di Aceh Barat

Putri Mustika Sari (Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Indonesia)
Oviana Lisa (Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Indonesia)
Chairudin Chairudin (Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Indonesia)
Dewi Andriani (Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Indonesia)
Rayhan Amadius Weihan (Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Indonesia)
Mawaddah Putri Arisma Siregar (Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2023

Abstract

Asap cair menjadi produk yang dibuat dari kondensasi asap tempurung kelapa melewati proses pirolisis. Hasil dekomposisi dari Asap cair yakni hemiselulosa, selulosa dan lignin diproses dari pirolisis. Air dihilangkan dari kayu pada suhu 120-150 °C, pirolisa lignin pada suhu 400 °C, pirolisa selulosa pada suhu 280-320 °C, pirolisa hemiselulosa pada suhu 200-250°C. Proses Pirolisa pada suhu 400 °C ini dapat membuat senyawa yang memiliki kualitas organoleptik yang tinggi dan pada suhu lebih tinggi lagi dapat terjadi reaksi kondensasi terbentuk senyawa baru dan oksidasi produk kondensasi diikuti kenaikan linier senyawa dan hidrokarbon polisiklis aromatis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai dampak dari penggunaan smoke liquid bagi petani terutama untuk tanaman kedelai sehingga dapat menurunkan serangan hama di tanaman kedelai. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mitra terhadap pemanfaatan smoke liquid sebesar 50%. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan tahap perencanaan terlebih dahulu, selanjutnya pada tahap pelaksanaan dilakukan dengan melakukan sosialisasi materi dampak smoke liquid sebagai bio-insektisida melakukan sosialisasi materi manfaat penggunaan smoke liquid dan memberikan pelatihan cara Pembuatan smoke liquid serta mengaplikasikannya ke tanaman kedelai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...