Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM MUATAN LOKAL AKSARA ARAB MELAYU KELAS V DI MIS YPI BATANG KUIS SUMATERA UTARA

Mursal Aziz (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Erma Yanti Tanjung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Intan Nuraini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurul Fatwa Sipayung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2023

Abstract

Kurikulum muatan lokal aksara Arab Melayu adalah pembelajaran yang sangat penting untuk diwariskan kepada generasi muda sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh data tentang metode mengajar aksara Arab Melayu pada kelas V di MIS YPI Batang Kuis. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif menggunakan proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi.  Responden penelitian ini adalah siswa kelas V MIS YPI Batang Kuis yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini juga dilengkapi dengan tes yang langsung dilakukan dengan tatap muka langsung dengan siswa. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan hasil tes tertulis, kemudian memberikan penilaian berupa skor, menentukan persentase hasil pencapaian kemampuan membaca, dan menghitung skor untuk melihat efektifitas dampak metode pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...