Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

PERAN PEMBELAJARAN IPS DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER GREEN BEHAVIOUR PADA SISWA

Putri Nur Isnaini (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru)
Chendi Maulana (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru)
Tin Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Karakter Green Behaviour adalah salah satu program pembiasaan dari sikap peduli lingkungan yang termasuk ke dalam pilar pembangun SDGs yang disusun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pembelajaran IPS dalam menumbuhkan karakter Green Behaviour pada siswa. Adapun metode yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan atau (library research). Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS memiliki kepedulian terhadap isu permasalahan lingkungan dengan dikemas ke dalam sajian materi ekologi yang meliputi dari memelihara, melestarikan serta pengembangan potensi alam. Materi IPS yang berhubungan dengan lingkungan hidup dikembangkan dalam kompetensi dasar yang harus dicapai oleh setiap peserta didik salah satunya kepedulian siswa akan lingkungannya. Pada pembelajaran IPS di sekolah dasar, green behaviour ini dapat dilakukan melalui perilaku yang dilandasi oleh nilai, norma dan kaidah yang ditujukan untuk menjaga lingkungan hidup seperti, menyiram, memupuk, dan penggunaan air secara bertanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...