Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

Merdeka Belajar Dengan Pembelajaran Adaptif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Desy (Unknown)
M. Leo Darmawan Prastya Putra (Unknown)
Susila (Unknown)
Opi Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pendidikan di Indonesia memberikan jaminan sepenuhnya kepada peserta didik berkebutuhan khusus atau memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk memperoleh layanan pendidikan yang bermutu, merdeka belajar memberikan ruang bebas kepada anak untuk mengeksplorasi diri dan lingkungan sehingga ABK menjadi semakin berkembang kemampuannya, pembelajaran adaptif yang mengedepankan prinsip merdeka belajar memberikan ruang bebas kepada anak untuk mengeksplorasi diri dan lingkungan sehingga ABK menjadi semakin berkembang potensinya. Langkah pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan karakteristik belajar siswa sehingga mampu menghadirkan proses pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan tanpa adanya beban baik untuk guru maupun anak didik. Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran adaptif karena harus mampu menyesuaikan semua perangkat pembelajaran baik dari materi/bahan ajar, metode, media/alat yang digunakan serta evaluasi yang dipakai harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...