Pembelajaran membutuhkan inovasi-inovasi kreatif sehingga sebuah pembelajaran sejalan dengan tuntutan zaman. Qiraâah (keterampilan membaca) merupakan salah satu mata kuliah yang menuntut kemampuan peserta didik dalam membaca teks-teks berbahasa Arab. Agar materi pelajaran qirâah tidak statis dan cederung tekstual, maka diperlukan inovasi dalam bentuk pengembangan materi pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengembangkan materi pembelajaran qiraâah adalah dengan memasukkan materi-materi yang aktual dalam teks-teks pembelajaran membacam khususnya yang terkait dengan masalah-masalah global dan modern. Hal ini bertujuan agar persrta didik, disamping diasah kemampuannya dalam memahami teks-teks berbahasa Arab, juga diharapkan adanya nilai-nilai yang dapat diperoleh melalui bacaan tersebut. Sehingga dengan demikian, membaca bukan sekedar untuk tujuan membaca itu sendiri, tetapi melalui pembelajaran membaca, peserta didik dapat mengembangkan wawasan kemodernan dan informasi-informasi global.
Copyrights © 2015