Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2015): Tadbir Februari

PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI PADA ERA GLOBALISASI

Bt. H. Bahri, Ratni ( IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2015

Abstract

Pembelajaran membutuhkan inovasi-inovasi kreatif sehingga sebuah pembelajaran sejalan dengan tuntutan zaman. Qira’ah (keterampilan membaca) merupakan salah satu mata kuliah yang menuntut kemampuan peserta didik dalam membaca teks-teks berbahasa Arab. Agar materi pelajaran qir’ah tidak statis dan cederung tekstual, maka diperlukan inovasi dalam bentuk pengembangan materi pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengembangkan materi pembelajaran qira’ah adalah dengan memasukkan materi-materi yang aktual dalam teks-teks pembelajaran membacam khususnya yang terkait dengan masalah-masalah global dan modern. Hal ini bertujuan agar persrta didik, disamping diasah kemampuannya dalam memahami teks-teks berbahasa Arab, juga diharapkan adanya nilai-nilai yang dapat diperoleh melalui bacaan tersebut. Sehingga dengan demikian, membaca bukan sekedar untuk tujuan membaca itu sendiri, tetapi melalui pembelajaran membaca, peserta didik dapat mengembangkan wawasan kemodernan dan informasi-informasi global.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tjmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is a scientific journal that published by IAIN Sultan Amai Gorontalo. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education in any fields including: Policy in Education, Leadership in Education, ...