Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pedagogi Matematika

Kemampuan transfer permasalahan bangun datar tidak beraturan dengan goal-free problems

Ivah Nur Ardiana (Universitas Negeri Yogyakarta)
Endah Retnowati (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran dyads with goal free problems dibandingkan dengan pembelajaran dyads with goal given problems ditinjau dari kemampuan transfer dan cognitive load siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 64 siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Klaten tahun ajaran 2021/2022. Teknis analisis data yang digunakan yaitu ANCOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Instrumen yang digunakan pada penelitiana ini berupa pretest, tes kemampuan transfer, dan rating question untuk mengukur cognitive load. Variabel kovariat dalam penelitian ini berkaitan dengan kemampuan awal siswa pada keliling dan luas segiempat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan bangun datar tidak beraturan yang disajikan menggunakan goal free problems lebih efektif ditinjau dari kemampuan transfer dan cognitive load siswa. Kemampuan awal siswa yang direpresentasikan melalui pretest menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keefektivan dari goal free problems. Hal ini dibuktikan dengan adanya hubungan linier antara pretest dengan hasil tes kemampuan transfer dan cognitive load. Kata kunci: goal free problems; dyads; kemampuan transfer; cognitive load  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...