Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2016)

PENGEMBANGAN LKPD IPA MATERI “TEKANAN ZAT” BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMP

Mouromadhoni Kasyfi Rifqi (Unknown)
Sabar Nurohman (Unknown)
Susilowati Susilowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKPD IPA yang dikembangkan menurut ahli dan guru, (2) respon peserta didik terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (3) tingkat sikap ingintahu peserta didik dalam pembelajaran menggunakan LKPD berpendekatan authentic inquiry learning (4) peningkatankemampuan problem solving peserta didik dalam pembelajaran menggunakan LKPD berpendekatan autentic inquirylearning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D (four-D). Tahap-tahappenelitian ini meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjekpenelitian adalah  dosen ahli,  guru IPA, dan peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 14 Yogyakarta. Instrumenpenelitian yang digunakan berupa instrumen validasi LKPD dosen ahli dan guru, angket respon peserta didik, angketsikap ingin tahu, lembar observasi kemampuan problem solving, dan pretest-posttest kemampuan problem solving.Teknik analisis yang digunakan antara lain rerata skor untuk mencari skor aktual, konversi skor menjadi empatkategori, skor persentase sikap ingin tahu, konversi skor menjadi nilai kategori sikap ingin tahu, perhitunganpersentase penguasaan kemampuan problem solving, dan gainscore penguasaan kemampuan problem solving. Hasil penelitian dari pengembangan LKPD IPA adalah (1) LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learningyang dikembangkan dinilai sangat baik oleh dosen ahli dan guru serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA, (2)peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap LKPD IPA berpendekatan authentic inquiry learning hasilpengembangan, (3) tingkat sikap ingin tahu diperoleh kategori kuat (4) peningkatan kemampuan problem solvingpeserta didik dalam pembelajaran menggunakan IPA berpendekatan authentic inquiry learning diperoleh peningkatansebesar 17,8%dan gainscore sebesar 0,74 yang termasuk dalam kategori “tinggi”.Kata kunci: LKPD IPA, Pendekatan Authentic Inquiry Learning, Sikap Ingin Tahu, Kemampuan Problem Solving

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...