NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2023): NEAR

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Bagi UMKM Kemiri Kelurahan Sumber Agung Bandar Lampung

Indah Lia Puspita (Universitas Malahayati)
Hardini Ariningrum (Universitas Malahayati)
Eka Sariningsih (Universitas Malahayati)
Apip Alansori (Universitas Malahayati)
Tina Setia Wati Dewi (Universitas Malahayati)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

UMKM merupakan salah satu pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM saat ini sudah mencapai 64 juta yang masih dihadapkan pada berbagai tantangan seperti akses pembiayaan, akses pasar hingga teknologi informasi yang memadai. UMKM menjadi salah satu prioritas nasional mengingat besarnya potensi dan kehebatannya dalam menghadapi krisis ekonomi, membantu penyerapan tenaga kerja, dan sebagai motor pertumbuhan ekonomi nasional. Kegiatan Pengabdian masyarakt ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran melalui media sosial melalui pemberdayaan salah satu UMKM Kemiri di wilayah Desa Sumber Agung Bandar Lampung. UMKM Kemiri yang masih menggunakan sistem konvensional dalam proses produksi, promosi dan pemasaran produknya sehingga hasil penjualan dirasa belum optimal serta terbatasnya jangkauan promosi produk mereka karena promosi masih dilakukan dengan cara mouth to mouth. Kegiatan ini berkontribusi untuk membuka wawasan dan pengetahuan pentingnya memanfaatkan media sosial didalam mempromosikan dan memasarkan suatu produk sehingga pelaku UMKM Kemiri dapat meningkatkan penjualan, menghemat biaya, dan memperluas pangsa pasarnya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nr

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Nursing Public Health Social Sciences Transportation Other

Description

Pengembangan pemikiran utama yang ditargetkan adalah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat. Pengembangan UMKM Pengembnagan Digital ...