Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal
Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal

PELATIHAN DAN SOSIALISASI PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA

Sri Rahayu (Universitas Samawa, Sumbawa Besar)
I Putu Gede Diatmika (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ika Fitriani (Universitas Samawa, Sumbawa Besar)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Tujuan kegiatan pelatihan dan sosialisasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pemanfaatan e-commerce, mengetahui tata cara penggunaan e-commerce dan memiliki market place. Metode yang digunakan yaitu kegiatan dilaksanakan secara “luring”, tahap pertama dilakukan adalah memberikan ceramah kepada pelaku UMKM dan mahasiswa Universitas Samawa di Kabupaten Sumbawa, pada bulan Agustus 2021. Tahap kedua adalah memberikan pelatihan kepada peserta tentang tata cara membuka dan mendaftar toko online serta pelatihan tata cara menggunakan aplikasi toko online. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan pengetahuan terkait pentingnya pemanfaatan e-commerce terutama ditengah mewabahnya pendemi Covid-19, peserta juga dapat mengetahui tata cara penggunaan e-commerce dan memiliki market place, serta dapat menambah pengetahuan tentang ide-ide usaha kecil menengah dan meningkatkan rating toko UMKM di salah satu market place seperti toko makanan di aplikasi Grab, sehingga tidak hanya meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, namun juga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat, khususnya yang terserap sebagai tenaga kerja pada perusahaan Grab di Kabupaten Sumbawa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpml

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Artikel yang dimuat pada Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal (JPML) adalah hasil pengabdian kepada masyarakat yang meliputi: biologi, klimatologi, agronomi, ilmu tanah, arsitektur lanskap, proteksi tanaman, kedokteran hewan, gizi dan kesehatan masyarakat, keluarga dan konsumen, teknologi industri, ...