AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 4 No 5 (2016): Oktober

Uji Daya Hambat Aspergillus niger Pada Berbagai Bahan Pembawa Terhadap Phytopththora palmivora Penyebab Busuk Buah Kakao (Theobroma cacao L.)

Indah Wahdania (Mahasiswa Program Studi Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Universitas Tadulako)
Asrul Asrul (Staf Dosen Program Studi Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Universitas Tadulako)
Rosmini Rosmini (Staf Dosen Program Studi Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penyakit busuk buah kakao (BBK) yang disebabkan oleh jamur Phytophthora palmivora merupakan salah satu penyakit utama yang dapat mempengaruhi sistem produksi kakao di dunia. Penyakit ini dapat menyebabkan kerugian hasil hingga mencapai 90% terutama pada musim hujan dan pada musim kemarau. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan daya hambat jamur A. niger pada berbagai jenis bahan pembawa dan lama penyimpanan terhadap Phytophtora palmivora penyebab penyakit busuk buah kakao. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktorial yakni dengan bahan pembawa dan lama penyimpanan dengan 3 ulangan, faktor 1 : (P0 = kontrol), (P1 = media tepung ketan putih + tepung singkong), (P2 = media tepung singkong), (P3 = media tepung ketan putih + tepung jagung manis), (P4 = media tepung ketan putih), (P5 = media tepung kelapa tua). Faktor 2: (A1 = 1 minggu masa penyimpanan), (A2 = 2 minggu masa penyimpanan), (A3 = 3 minggu masa penyimpanan), (A4 = 4 minggu masa penyimpanan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan pembawa tepung ketan putih + tepung jagung manis (P3) dan tepung kelapa tua (P5) dan pada lama penyimpanan A3 (minggu ke-3) lebih efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur P. palmivora. sehingga dapat digunakan sebagai media pembawa untuk mendukung pertumbuhan jamur A. niger.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...