AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 8 No 5 (2020): Oktober

ANALISIS PEMASARAN IKAN CAKALANG PADA USAHA KELOMPOK NELAYAN DI DESA PARANGGI KECAMATAN AMPIBABO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Rian Afriandi (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Hadayani Hadayani (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima nelayan serta efisiensi pemasaran. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Metode yang digunakan yaitu metode acak sedarhana dengan 33 responden nelayan. Sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan sehingga diperoleh 2 pedagang pengumpul, 4 pedagang pengecer dan 2 konsumen, sehingga jumlah keseluruhan responden sebanyak 41 responden. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran ikan cakalang di Desa Paranggi melalui 2 saluran pemasaran. Margin saluran I yaitu Rp.13.000/kg, saluran II yaitu Rp. 10.000/kg. Bagian harga yang diperoleh nelayan pada saluran I yaitu 48%, saluran II yaitu 60%. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 6,70%, saluran II yaitu 1,36%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...