Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani serta efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2018. Metode yang digunakan yaitu metode acak sedarhana dengan 30 petani kelapa dalam. Sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan sehingga diperoleh 2 pedagang pengumpul dan 1 pedagang besar dan 3 pedagang pengecer serta 3 konsumen, sehingga jumlah keseluruhan responden sebanyak 39 responden. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kelapa dalam di Desa Lemo melalui 3 saluran pemasaran. Margin saluran 1 yaitu Rp.1.300/kg, saluran II yaitu Rp. 2.300/kg, sedangkan saluran III yaitu Rp.1.300/kg. Bagian harga yang diperoleh petani pada saluran I yaitu 26,00%, saluran II yaitu 46,00%, dan pada saluran III yaitu 26,00%. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 10,68%, saluran II yaitu 14,22%, dan saluran III yaitu 7,90%.
Copyrights © 2020