Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi permintaan cabai rawit diantaranya pengaruh dari harga cabai rawit itu sendiri, pendapatan konsumen, jumlah tanggungan keluarga dan selera konsumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2019 pada Pasar Inpres Manonda di Kota Palu. Data yang digunakan adalah data time series dengan analisis data yang digunakan yakni Analisis Regresi Linier Berganda yang ditransformasikan kedalam bentuk Logaritma Natural. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai R2 adalah 0,889 atau 88,9%, hasil uji F menunjukkan bahwa nilai signifikan (0,000) < α (0,05) artinya secara bersama-sama harga cabai rawit (X1), pendapatan konsumen (X2), jumlah tanggungan keluarga (X3) dan selera konsumen (D) memberikan pengaruh nyata secara signifikan terhadap permintaan cabai rawit di Kota Palu. Hasil uji t, menunjukkan secara individual variabel harga cabai rawit (X1), jumlah tanggungan keluarga (X3) serta selera konsumen (D) berpengaruh nyata secara signifikan terhadap permintaan cabai rawit di Kota Palu, sedangkan variabel pendapatan konsumen (X2) berpengaruh tidak nyata secara signifikan terhadap permintaan cabai rawit di Kota Palu.
Copyrights © 2021