AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 9 No 2 (2021): April

ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA ALITUPU KECAMATAN LORE UTARA KABUPATEN POSO

Erlin Tudang Killa’allo (Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Dafina Howara (Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako)
Effendy Effendy (Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran , margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi pemasaran bawang merah di Desa Alitupu Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan mey 2019. Metode yang digunakan yaitu metode sensus dengan 29 petani bawang merah. Selain itu untuk menentukan responden pedagang digunakan metode Snowball Sampling sehingga diperoleh 2 pedagang pengumpul dan 5 pedagang pengecer. Hasil analisis pemasaran menunjukkan bahwa saluran pemasaran bawang di Desa Alitupu terdapat dua saluran pemasaran. Margin saluran I yaitu Rp.9.667 dan margin saluran II yaitu Rp.15.267. bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran I sebesar 66,66% sedangkan bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran II sebesar 54,83%. Efisiensi pemasaran saluran I sebesar 2,47%, dan pada saluran II sebesar 2,17%, sehingga saluran I lebih efisien dibanding dengan saluran II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...