AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 10 No 1 (2022): Februari

ANALISIS PEMASARAN BERAS DI DESA SULI INDAH KECAMATAN BALINGGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Nur Intan Wulandari (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Hadayani Hadayani (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk saluran pemasaran beras di Desa Suli Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong,Mengetehui margin pemasaran beras di Desa Suli Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong, Mengetahui besarnya bagian harga yang diterima oleh petani (produsen) pada masing-masing saluran pemasaran beras, Mengetahui tingkat efesiensi pemasaran beras di Desa Suli Indah.Lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Desa Suli Indah merupakan sentral Produksi padi sawah di Kecamatan Balinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2019. Responden dalam penelitian ini adalah petani Padi di Desa Suli.Responden penelitian ini ditentukan dengan metode acak sederhana (simple Random Sampling). Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua bentuk saluran pemasaran beras yang terdapat di Desa Suli Indah yaitu; saluran pertama, petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen. saluran kedua, petani → pedagang pengumpul pedagang besar → pedagang pengecer→ konsumen.Margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu Rp 1.500, dan margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu sebesar Rp 2.000.margin padasaluran pertama lebih kecil dibandingkan pada saluran kedua karena saluran pertama tanpamelalui pedagang besar,sehingga aliran pemasarannya lebih pendek dibandingkan saluran kedua.Bagian harga yang diperoleh petani pada saluran pertama diperoleh 84,21% dan untuk saluran kedua diperoleh petani sebesar 80,00%.Nilai efisiensi pemasaran saluran pertama sebesar 2,94% dan untuk saluran kedua sebesar 10,42%. Sehingga saluran pertama lebih efisiensi dari saluran kedua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...