AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 10 No 5 (2022): Oktober

EFEKTIVITAS PENAMBAHAN PLASTICIZER GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM DARI MODIFIKASI PATI TALAS ASETAT (Colocasia esculenta L. Schott)

Zulkifli Privatisasi (Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Gatot S. Hutomo (Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Amalia Noviyanty (Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan konsentrasi Plasticizer gliserol yang memberikan pengaruh terbaik terhadapat sifat fisik, kimia, dan sensoris edible film dari modifikasi pati talas asetat (Colacasia esculenta L. Schott). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 5 taraf perlakuan konsentrasi gliserol yaitu 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30% (b/v). parameter pengamatan meliputi karakteristik fisik (ketebalan, kadar air, WHC dan OHC), karakteristik kimia (Kadar abu, kadar asetil dan derajat substitusi) serta karakteristik sensoris berdasarkan kejernian dan kesukaan edible film. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan konsentrasi gliserol 10% menghasilkan edible film dengan karakteristik fisik, kimia, dan sensoris terbaik. Nilai karakteristik tersebut adalah ketebalan 0.13 mm, kadar air 0.12%, kadar abu 0.19%, daya serap air 1.66%, daya serap minyak 1.73%. Sedangkan analisis kadar asetil memiliki nilai rata-rata 31.40% dan Derajat Substitusi memiliki nilai rata-rata 1.71. Serta karakteristik edible film sensoris masuk kategori sangat suka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...