Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat diterapkan dalam pengembangan keripik sukun pada industri rumah tangga “Citra Lestari Production” di Kota Palu. Responden pada penelitian ini terdiri dari 6 orang yaitu, 1 pimpinan, 2 karyawan dan 3 konsumen. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel dilakukan dengan sengaja (Purposive). Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh pada Tabel IFAS yaitu sebesar 3,23 dengan skor kekuatan 2,08 dan skor kelemahan 1,15. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan industri rumah tangga “Citra Lestari Production” lebih besar dari pada kelemahan, sedangkan total nilai yang diperoleh pada Tabel EFAS yaitu sebesar 3,18 dengan skor peluang 2,16 dan skor ancaman 1,02. Hal ini faktor peluang yang dimiliki oleh industri rumah tangga “Citra Lestari Production” lebih besar dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal dan faktor eksternal strategi pengembangan usaha keripik sukun pada industri rumah tangga “Citra Lestari Production” didapatkan strategi yang tepat untuk pengembangan keripik sukun terdapat pada kuadran I adalah Mendukung Strategi SO (Strengths-Opportunities) dengan nilai 4,24 adalah Memanfaatkan Peluang Pasar Yang Ada Dengan Memaksimalkan Media Promosi Serta Mengenalkan Produk Sehingga Dapat Bersaing Dengan Industri Lainya.
Copyrights © 2023