Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu data yang diperoleh serta hasil analisis yang telah diuraikan sebelumnya mengenai pemasaran Tahu, Penelitian inidilaksanakan padaIndustri Tahu UB Mandiri di Jalan Munifrahman Kelurahan Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu, hasil penelitian saluran pemasaran pada industri UB Mandiri memiliki dua bentuk saluran pemasaran yakni : saluran pertama produsenke pedagang ke pengecer, dan saluran kedua produsen ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer ke konsumen.Pada saluran pertamadiperoleh total margin adalah sebesar Rp 167 per potongnya, pada saluran kedua diperoleh total margin sebesar Rp 367 perpotong tahu nya. Sesuai perhitungan yang dilakukan bahwa bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran pertama sebesar 83,3%% dan bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran kedua sebesar 69,4 % .saluran pertama dan saluran yang kedua yang paling efisien adalah saluran pertama dimana nilai efisiensi pemasaran sebesar 10,9 % dibandingkan dengan saluran pemasaran kedua sebesar 9,7 %.Hal ini disebabkan perbandingan total biaya pemasaran yang dikeluarkan saluran kedua lebih besar dari pada saluran pemasaran yang pertama.
Copyrights © 2023