AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 12 No 1 (2024): Februari

STRATEGI PEMASARAN USAHA KOPI KAILI PADA USAHA KECIL MENENGAH ( UKM ) RISKI NARASA DI DESA TINGGEDE KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI

Tiara Lestari Silamu (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Effendy Effendy (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)
Al Alamsyar (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2024

Abstract

UKM Riski Narasa merupakan salah satu usaha yang mengolah Kopi Kaili yang terletak diDesa Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi UKM Riski Narasa, serta mengetahui strategi pemasaran usaha Kopi Kaili Sulteng di UKM Riski Narasa. Hasil hitung bobot dan rating yang didapatkan menunjukkan strategi pemasaran usaha kopi kaili yang diterapkan oleh UKM Riski Narasa yaitu strategi S-O (Menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang) dimana Faktor Kekuatan = 2,34 dan Peluang =2,44 faktor Kelemahan = 0,76 dan ancaman = 0,59 dengan perbandingan faktor internal = 1,58( sumbu X) dan faktor eksternal = 1,85 (Sumbu Y). Maka berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa, metode yang tepat untuk digunakan dalam rangka peningkatan pemasaran pada produk kopi kaili terletak pada strategi S-O Strategi S-O merupakan strategi yang dapat digunakan karena produk kopi kaili memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Produk Kopi Kaili tersebut berada pada pertumbuhan dinamis pada Strategi S-O, dimana nilai dari kekuatan dan peluang lebih besar dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...