Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 4 No 2 (2021): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)

STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRAKTIK MUAMALAH ANTAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH 16 PONDOK PESANTREN KARANGASEM PACIRAN LAMONGAN

Zakhiru Rahma Zaha (STAI Muhammadiyah Paciran, Lamongan)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pendidik agar dapat lebih bijak dalam meningkatkan praktik muamalah antar siswa di lingkungan sekolah. Pelajaran akhlak dan muamalah merupakan pelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa terutama dalam membentuk kepribadian yang bersosial. Siswa akan dapat mengaitkan kegiatan sehari-hari yang dilakukannya dengan pendidikan akhlak yang dipelajarinya. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai tingkah laku seseorang melanggar norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi yang banyak berpengaruh terhadap kehidupan sosial anak seperti, televisi dan handphone yang banyak menyajikan hal-hal yang dapat mempengaruhi anak-anak baik anak kecil maupun remaja. Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tanpa dibarengi iman dan takwa (IMTAK) menyebabkan kehidupan tidak bisa berjalan dengan seimbang, karena itu siswa perlu dibekali dengan keduannya sehingga dapat menjadi manusia yang sempurna dan berakhlak mulia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan. A. Strategi yang dilakukan guru PAI untuk meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan, yaitu memberikan contoh perilaku yang baik, menjadi uswatun hasanah, melakukan model pembelajaran dengan melalui pendekatan, melakukan pendekatan secara langsung, praktik secara langsung dengan cara yang menyenangkan, mengadakan kegiatan berhubungan dengan muamalah. B. Peran Guru PAI dalam usaha meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan, antara lain: Menjadi uswatun hasanah, Memberi nasehat, Mentransfer ilmu, Mengajar dengan inovatif dan efektif, Peran guru di sekolah dan masyarakat. C. Metode yang digunakan Guru PAI untuk meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan, yaitu: 1. Metode Diskusi, 2. Metode Tanya Jawab, 3. Metode Demonstrasi. D. Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Guru PAI dalam usaha untuk meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan. 1. Faktor Pendukung. a. Adanya motivasi dari orang tua, b. Kerja sama dari kabag pendidikan dan wali murid, c. Faktor teknologi, d. Faktor guru, e. Faktor lingkungan, f. Motivasi siswa, g. Guru yang aktif. 2. Faktor Penghambat. a. Orang tua yang mekengkang anak, b. Kurangnya komitmen guru, c. Penyalahgunaan teknologi, d. Kurangnya pengawasan guru, e. Faktor teman, f. Orang tua yang kurang memperhatikan tingkah laku anak, g. Karakter anak. h. Kondisi dan situasi kelas, i. Kecerdasan anak. E. Nilai yang diberikan Guru PAI dalam usaha meningkatkan praktik muamalah antar siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem Paciran Lamongan. 1. Nilai Kebenaran, 2. Nilai Tanggung jawab sosial, 3. Nilai Kesopanan, 4. Nilai kedisiplinan. Strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan praktik muamalah antar siswa adalah dengan menerapkan beberapa cara di antaranya guru memberikan contoh perilaku yang baik, berdiskusi, memberikan nasehat, menjadi uswatun hasanah, melakukan model pembelajaran melalui pendekatan personal, melakukan pendekatan secara langsung dengan siswa, praktik secara langsung dengan cara yang menyenangkan, serta mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan muamalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Staika Journal is a journal that publishes research articles in the form of development, qualitative, quantitative research, literature studies, theory applications, and critical analysis studies in the field of Islamic education. The scope of this journal discusses Islamic education which includes ...