Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 3 No 2 (2020): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)

PENGARUH PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI MA MUHAMMADIYAH 13 ENTREPRENEUR SIDODADI KRANJI PACIRAN LAMONGAN TAHUN 2019/2020

Mushollin Ahmad (STAI Muhammadiyah Paciran)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu melakukan interaksi antara individu satu dengan yang lain. Interaksi sosial merupakan syarat mutlak individu untuk melangsungkan kehidupan dan untuk memenuhi kebutuhannya, akan tetapi Kemampuan berinteraksi sosial individu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Interaksi sosial melibatkan diri dan lingkungan sekitarnya. Sebagaimana cara interaksi sosial individu yang dilakukan remaja berbeda-beda antara remaja yang satu dengan remaja yang lain. Hal tersebut biasanya berkenaan dengan pola pikir dan kapasitas remaja tersebut dalam memandang dirinya sehingga ia merasa mampu melakukan sesuatu hal atau sebaliknya. Kita dapat melihat bahwa ada remaja yang melakukan interaksi sosial dengan  kurang baik (kasar/arogan) dan ada pula remaja yang berinteraksi sosial dengan cara yang baik (mudah bergaul dan sopan). Interaksi sosial yang baik akan mudah diterima oleh lingkungannya tetapi sebaliknya jika melakukan interaksi sosial kurang baik akan sulit diterima oleh lingkungannya. Sebab itu pendidikan pelajaran aqidah akhlak bertujuan untuk menumbuhkan pola tingkah laku atau berinteraksi sosial siswa yang bulat melalui latihan kejiwaan, kecerdasan, penalaran, perasaan dan indera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Apakah ada pengaruh pelajaran aqidah akhlak terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI  MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur Sidodadi Kranji Paciran Lamongan; b) Seberapa besar pengaruh pelajaran akidah akhlaq terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur Sidodadi Kranji Paciran Lamongan. Metode penelitian: 1) Pendekatan dan jenis penelitian, penelitian ini meneliti pengaruh variable bebas terhadap variable terikat dimana variable bebas adalah pelajaran akidah akhlaq (variable x) mempengaruhi variable terikat yaitu kemampuan berinteraksi sosial (variable y), Penelitian dengan mensurvei populasi yang berjumlah 33 orang. 2) Populasi Dan Sampel, adalah siswa MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur kelas XI, adapun sampel 15 siswa. 3) Tempat Penelitian, kelas XI MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur terletak di dusun Sidodadi Des. Kranji Kec. Paciran Kab. 4) Instrumen penelitian (wawancara, dan Angket). 5) Teknik Pengumpulan Data dengan metode: a) Observasi; b) wawancara; c) Dokumentasi; dan d) Angket. 6) Teknik Analisa Data, dimaksudkan untuk mengkaji dalam kaitannya dengan kepentingan penguji hipotesis penelitian yang telah peneliti rumuskan, maka data yang berhasil di kumpulkan selama penelitian yang diseleksi, dikelompokkan dan disajikan dianalisis. Hasil penelitian ini mencakup: 1) Ada pengaruh pelajaran aqidah akhlak terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur Sidodadi Kranji Paciran Lamonga; 2) Bahwa pelajaran akidah akhlak berpengaruh terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI MA Muhammadiyah 13 Entrepreneur Sidodadi Kranji Paciran Lamongan menunjukkan tingkat yang sedang dengan korelasi product moment sebesar 0,510 yang terletak antara interprestasi nilai r yaitu 0,40 sampai 0,599.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Staika Journal is a journal that publishes research articles in the form of development, qualitative, quantitative research, literature studies, theory applications, and critical analysis studies in the field of Islamic education. The scope of this journal discusses Islamic education which includes ...