Jurnal Staika: Jurnal Penelitian dan Pendidikan
Vol 7 No 1 (2024): STAIKA (Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam)

implementasi pemeblajaran IPS terpadu menurut kurikulum 2013 di MTs Pancasila Kota Bengkulu: implementasi pemeblajaran IPS terpadu menurut kurikulum 2013 di MTs Pancasila Kota Bengkulu

Dimas Sartika (Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno, Bengkulu)
Moch. Iqbal (Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno, Bengkulu)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 di MTs Pancasila Kota Bengkulu, khususnya pada mata pelajaran IPS. Kurikulum merupakan salah satu pilar utama yang memepengaharui kesuksesan pendidikan nasional. Semestara  sejumlah studi membuktikan bahwa kurikulum KTSP yang berlaku sebelumnya kurang cukup memadai kebutuhan pembelajaran, maka dari itu perlu untuk disempurnakan lagi. Guna memajukan kualitas pendidikan, pemerintah menggunakan Kurikulum 2013 dengan tujuan menumbuhkan peserta didik menjadi manusia berkualitas yang mampu dan aktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; dan manusia terbentuk yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di MTs Pancasila Kota Bengkulu pada pembelajaran IPS semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sumber data didapat dari para informan dan arsip dokumentasi. Teknik akumulasi data, yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kebenaran data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilaksanakan dengan reduksi data, penyajian data dan verification

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

staika

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Staika Journal is a journal that publishes research articles in the form of development, qualitative, quantitative research, literature studies, theory applications, and critical analysis studies in the field of Islamic education. The scope of this journal discusses Islamic education which includes ...