Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara manusia berinteraksi dengan informasi, termasuk dalam sektor pelayanan publik seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). PDAM adalah singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum, yang merupakan badan usaha milik pemerintah daerah yang menyediakan air bersih kepada warga di Indonesia. Tugas utama PDAM adalah menyediakan air bersih, membangun infrastruktur dan menyediakan saluran air bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai dalam penyediaan air bersih kepada masyarakat. Dalam hal ini, peneliti akan menganalisis kebutuhan pelanggan terkait layanan yang diberikan oleh Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai. Metode yang digunakan peneliti yaitu Metode Design Thinking. Peneliti menggunakan kuisioner untuk mencapai tujuan dari penelitian ini. Dan dari penelitian ini, peneliti menemukan permasalahan yaitu, masyarakat masih kesulitan dalam melakukan pembayaran secara manual, pihak PDAM sendiri juga masih sulit untuk pemantauan konsumsi, pemberitahuan dan peringatan, pelaporan masalah maupun informasi dan edukasi. Jadi, solusi dari permasalahan ini yaitu, peneliti menghasilkan sebuah rancangan desain UI/UX yang diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada yang dihadapi oleh masyarakat maupun pihak Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai.
Copyrights © 2024