Geotadulako
Vol 3, No 5 (2015): Januari-Juni

IMPLEMENTASI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI SE-KOTA PALU

Samuel S. Patampang, Amiruddin, Nurvita, (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2015

Abstract

Berdasarkan hasil kegiatan observasi yang dilakukan di SMP Negeri se- Kota Palu pada bulan  Agustus Tahun 2014, menunjukan tingkat partisipasi aktif siswa pada materi IPS masih rendah. Hal ini dikarenakan oleh beberapa fakor yaitu: 1) lemahnya kemampuan Guru dalam mengembangkan pembelajaran, 2) lemahnya pemahaman Guru tentang konsep paradigma pembelajaran konsruktivisme, 3) lemahnya pemahaman Guru tentang Model-model pembelajaran, sehingga cenderung terjebak pada pola pembelajaran langsung yang pada umumnya hanya menggunakan pendekatan metode ceramah dan tanya jawab, dan 4) lemahnya kemampuan Guru dalam mengembangkan materi yang disajikan).Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei yakni mengamati kegiatan pembelajaran IPS terpadu dengan pendekatan model-model pembelajaran. Peneliti.an ini dilaksanakan di SMP Negeri se-Kota Palu. Subjek penelitiannya adalah seluruh SMP Negeri se-Kota Palu. Untuk mendukung pengumpulan data dan informasi dalam penelitian ini diginakan teknik: Observasi, Angket, dan Dokumentasi. Agar penelitian ini lebih bermakna dan bersifat inforrmatif, maka data dan informasi yang telah dikumpulkan selanjutnya ditindaklanjuti dengan teknik analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan beberapa hal pokok yang berkaitan dengan pengembangan model pembelajaran sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran  IPS di SMP Negeri se Kota Palu pada umumnya telah menggunakan pendekatan model pembelajaran seperti model pembelajaran CTL, model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran berbasis masalah, dan model pembelajaran  penemuan. 2) Proses pembelajaran IPS di SMP Negeri sekota Palu pada umumnya telah menggunakan pendekatan model pembelajaran, namun masih perlu untuk ditingkatkan terutama yang berkaitan dengan sintaks, prinsip reksi, dan seterusnya, dan 3) Pada prinsipnya apresiasi siswa dengan implementasi model pembelajaran pada pembelajaran IPS sangat positif hal tersebut telihat dari sikap partisipasi aktif , kinerja dan hasil belajar siswa yang relatif baik, namun demikian dalam konteks proses pembelajaran masih perlu untuk lebih ditingkatkan

Copyrights © 2015