Geotadulako
Vol 2, No 3 (2014): Januari-Juli

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD

Zulfiati, Heri Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2015

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar dengan model cooperative learning tipe snowball throwing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV semester II SD Negeri Rejowinangun 1 Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, subyek dalam penelitian ini adalah sebanyak 28orang dan objek penelitiannya adalah keaktifan dan hasil belajar IPS.  Data keaktifan siswa dikumpulkan menggunakan metode observasi , sedangkan data hasil belajar IPS dikumpulkan melalui metode tes yaitu tes hasil belajar. Validitas Instrumen diuji dengan korelasi  product moment sedangkan uji reabilitas menggunakan KR-20. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I 63,40% dan pada siklus II 81,91% atau dengan kata lain terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar  18.51%  termasuk dalam kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I 72.84% dan pada siklus II 83,26%. Telah terjadi peningkatan hasil belajar IPA sebesar 18,00% termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar  IPS siswa

Copyrights © 2014