Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar dengan model cooperative learning tipe snowball throwing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV semester II SD Negeri Rejowinangun 1 Kota Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, subyek dalam penelitian ini adalah sebanyak 28orang dan objek penelitiannya adalah keaktifan dan hasil belajar IPS. Data keaktifan siswa dikumpulkan menggunakan metode observasi , sedangkan data hasil belajar IPS dikumpulkan melalui metode tes yaitu tes hasil belajar. Validitas Instrumen diuji dengan korelasi product moment sedangkan uji reabilitas menggunakan KR-20. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I 63,40% dan pada siklus II 81,91% atau dengan kata lain terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 18.51% termasuk dalam kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I 72.84% dan pada siklus II 83,26%. Telah terjadi peningkatan hasil belajar IPA sebesar 18,00% termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa
Copyrights © 2014