Geotadulako
Vol 2, No 3 (2014): Januari-Juli

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH EVALUASI SUMBERDAYA LAHAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS TADULAKO

Nuryani, Istiqomah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2015

Abstract

Proses pembelajaran dikatakan efektif apabila tujuan pembelajaran tercapai. Untuk mencapai tujuan tersebut, berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan penggunaan media belajar. Di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Tadulako pembelajaran dilakukan dengan media, salah satunya pada mata kuliah evaluasi sumberdaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuip penggunaan media belajar dan hasil belajar mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah evaluasi sumberdaya lahan pada semester genap 2013/2014. Populasi penelitian ini terdiri dari 2 kelas berjumlah 68 orang, terdiri dari kelas A 32 orang dan kelas B 36 orang. Untuk akurasi data, kelas B dipilih sebagai sampel. Data diperoleh dengan observasi, partisipasi, angket, tes dan kajian dokumen. Hasil tes sebagai hasil belajar diperoleh rata-rata 52,2 meningkat menjadi 72,2, kemudian pada tes kedua, meningkat menjadi 74,44 atau meningkat 2,36% dari tes sebelumnya dan 22,2% dari tes awal. Dapat disimpulkan, bahwa media belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah evaluasi sumberdaya lahan di Program Studi Pendidikan Geografi Jurursan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

Copyrights © 2014