Geotadulako
Vol 1, No 2 (2013): Juli-Desember

PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KARTOGRAFI DASAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS TADULAKO

Rahmawati, Widyastuti, (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di prodi Pendidikan Geografi bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kartografi dasar dengan menggunakan media pembelajaran yaitu peta dan GPS. Hal ini didasarkan oleh nilai Daya Serap Klasikal (DSK) dan Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) masih sangat rendah khususnya untuk kelas C angkatan 2012. Berdasarkan nilai DSK dari ketiga kelas, kelas C memiliki perolehan nilai terendah sebesar 47,63 %, sedangkan KBK sebesar 48.35%. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui media pembelajaran berupa peta dan GPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan pada mata kuliah kartografi dasar. Adapun tahapan dalam penelitian ini adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau pengumpulan data dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus untuk melihat sejauh mana tingkat perubahan hasil belajar mahasiswa. Dari hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa penerapan media belajar peta dan GPS dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan daya serap klasikal dari siklus I yaitu 48,08 %, meningkat pada siklus II menjadi 62,62 %.

Copyrights © 2013