Geotadulako
Vol 1, No 2 (2013): Juli-Desember

PENGARUH SUMBER BELAJAR DI PERPUSTAKAANTERHADAP PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Riyantini, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Sumber belajar geografi yang tersedia di perpustakaan sekolah cukup memadai, akan tetapi kurang mendapat perhatian dari siswa dalam pemanfaatannya untuk menunjang belajar geografi. Sehingga keberadaan perpustakaan SMA Negeri 1 Torue belum memberikan pengaruh maksimal terhadap proses pembelajaran geografi. Peristiwa ini dikarenakan oleh kurangnya kesadaran dan keinginan siswa SMA Negeri 1 Torue ke perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh sumber belajar perpustakaan terhadap pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Torue. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif, dimana jumlah populasi 140 orang dan diambil sampel sebanyak 35 orang siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Analisis deskriptif menggunakan teknik persentase untuk mendeskripsikan sumber belajar geografi yang ada di perpustakaan sekolah dan pembelajaran geografi. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa sumber belajar perpustakaan tergolong baik yaitu 68,87% dan pembelajaran geografi tergolong baik yaitu 70,71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sumber belajar geografi di perpustakaan berpengaruh baik terhadap pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Torue.

Copyrights © 2013