Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 3, No 3

FUNGSI PENGARAHAN KEPALA RUANG DENGAN PELAKSANAAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI SALURAN KEMIH AKIBAT KATETERISASI

Firia Nurlinda (Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Noraliyatun Jannah (Bagian Keilmuan Keperawatan Dasar dan Dasar Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Infeksi saluran kemih akibat kateterisasi merupakan jenis Healthcare Associated Infections (HAIs) yang paling umum terjadi di rumah sakit. Angka kejadian ISK diRSUDdr. Zainoel Abidin Banda Aceh mengalami peningkatan. Fungsi pengarahan kepala ruang menjadi salah satu faktor keberhasilan upaya pencegahan dan pengendalian ISK.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fungsi pengarahan kepala ruang dengan pelaksanaan pencegahan dan pengendalian infeksi saluran kemih akibat kateterisasi di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian kuantitatif inimenggunakan metode correlation studydengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 296 perawat di RSUDdr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode  purposive sampling dengan responden 83 perawat. Hasil univariat menunjukkan fungsi pengarahan kepala ruang yang dipersepsikan baik oleh perawat sebesar 88,0%, sedangkan pelaksanaan pencegahan dan pengendalian infeksi saluran kemih akibat kateterisasiyang dipersepsikan terlaksana oleh perawat sebesar 92,8%. Hasil bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan antara fungsi pengarahan kepala ruang dengan pelaksanaan pencegahan dan pengendalian ISKakibat kateterisasi di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh (p=1.000, α=0.05). Direkomendasikan kepada kepala ruang untuk mempertahankan fungsi pengarahan yang dipersepsikan baik oleh perawat melalui pemberian motivasi, kolaborasi, dan melakukan supervisi terkait pencegahan dan pengendalian ISK akibat kateterisasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...