Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 2, No 3

MOTIVASI KADER TERHADAP KINERJA PROGRAM DANA SEHAT

kamaruzzaman kamaruzzaman (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
rachmalia rachmalia (Staf Pengajar Bagian Keilmuan Keperawatan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2017

Abstract

Dana sehat sangat penting bagi masyarakat secara keseluruhan dapat meringangkan beban warga, dimana sebagian besar tingkat pendapatan masyararakat di Kecamatan Darussalam adalah dibawah upaha minimum Provinsi. Namun dana sehat memerlukan dedikasi yang tinggi dari pengelolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap kinerja kader dalam program dana sehat di wilayah kerja Puskesmas Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan desain crossectional study. Populasi adalah 39 kader desa yang menjadi progam dana sehat. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan teknik pengumpulan data angket. Analisa data dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dalam program dana sehat berada pada kategori rendah sebanyak 22 orang (56,4%), kinerja kader dalam program dana sehat berada pada kategori kurang sebanyak 26 orang (66,7%). Hasil uji chi square diperoleh p value=0,004 (α=0,05), terhadap kinerja kader dalam program dana sehat di wilayah kerja Puskesmas Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Disarankan agar kader yang bekerja dalam wilayah Puskesmas perlu memperoleh sosialisasi dan pengetahuan tentang program dana sehat. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...