Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 6, No 4 (2022)

Strategi Koping Berfokus Emosi pada Klien dengan Diabetes di Wilayah Kerja Puskesmas Banda Aceh

Fattiya Nurul Izzah (Mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Maulina Maulina (Bagian Keilmuan Keperawatan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Fikriyanti Fikriyanti (Bagian Keilmuan Keperawatan Gawat Darurat Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang membutuhkan perawatan jangka panjang sehingga salah satu dampaknya adalah stres. Untuk mengatasi stress yang dialami, klien dapat menggunakan strategi koping berfokus pada emosi. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran strategi koping berfokus pada emosi pada klien dengan diabetes mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling yang berjumlah 159 responden. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara terpimpin menggunakan instrument yaitu The Way of Coping yang terdiri dari 28 item pertanyaan dalam skala likert. Hasil penelitian menunjukkan strategi koping berfokus pada emosi memiliki nilai meanĀ  = 2.203 dengan SD = 0.947. Dapat disimpulkan bahwa responden menggunakan strategi kopingĀ  berfokus pada emosi pada saat mengalami stress. Disarankan untuk praktisi keperawatan dapat meningkatkan pemahaman terkait strategi koping berfokus pada emosi sehingga dapat membantu klien DM mengatasi stres selama menjalani perawatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...