Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 7, No 3 (2023)

EFEKTIVITAS METODE STORY TELLING UNTUK PENGETAHUAN INTERPRESTASI EKG ATRIOVENTRIKULER BLOCK DAN BUNDLE BRANCH BLOCK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Natasya Audia (Mahasiswa Program Studi Keperawatan, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Devi Darliana (Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Riski Amalia (Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2023

Abstract

Elektrokardiogram (EKG) adalah salah satu alat diagnostic yang digunakan untuk early detection pada gangguan kelainan jantung. Rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang interpretasi EKG sehingga perlu diberikan pelatihan EKG dengan metode story telling agar dapat memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang interpretasi EKG. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran menggunakan metode story telling dalam pengetahuan interpretasi Elektrokardiogram pada mahasiswa keperawatan. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasy experimental study menggunakan desain penelitian pre and post-test without control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas keperawatan angkatan 2019 yaitu 134 orang dengan jumlah sampel 27 mahasiswa pada kelompok intervensi. Metode analisis data menggunakan uji paired t-test dan uji non-parametrik mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran story telling dapat meningkatkan pengetahuan interpretasi EKG mahasiswa dengan p-value 0,000 0,05. Hasil analisa data juga menunjukkan nilai pengetahuan mahasiswa dengan pembelajaran metode story telling yaitu nilai post-test metode story telling dalam kategori tinggi. Metode story telling menjadikan informasi menjadi lebih mudah dipahami, menyenangkan dan mudah diingat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...