Adiksi media sosial adalah perhatian yang berlebihan terhadap media sosial yang pemakaiannya berkepanjangan/kecanduan. Perilaku adiksi dalam menggunakan media sosial sudah menjadi kebiasan sehari-hari yang dilakukan oleh individu, terutama di kalangan mahasiswa. Mahasiswa menghabiskan waktu untuk mengakses media sosial yang berakibat pada terganggunya produktivitas sehari-hari untuk melakukan hal yang lain yang lebih bermanfaat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran adiksi media sosial pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Subjek pada penelitian ini adalah 144 mahasiswa aktif Universitas Syiah Kuala dari tiga fakultas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Internet Addiction Test yang disebar secara online melaluigoogle form kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 62,07% responden mengalami adiksi media sosial sedang. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian lanjutan dalam menghadapi adiksi media sosial. Mahasiswa agar selalu lebih fokus terhadap aktivitas lain untuk mengurangi gejala adiksi media sosial serta mampumenggunakan media sosial secara cerdas dan produktif.
Copyrights © 2022