Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 3, No 3

FUNGSI KELUARGA DALAM PENCEGAHAN KEHAMILAN REMAJA

Elsi Julian Melfira (Unknown)
Suryane Sulistiana Susanti (Bagian Keilmuan Keperawatan Keluarga Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fungsi keluarga dalam pencegahan kehamilan pada remaja di kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah descriptive korelatif. Populasinya adalah seluruh keluarga yang memiliki anak remaja usia 13-19 tahun yang belum menikah di gampong Tibang Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini total sampling sebanyak 129 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data primer yaitu kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil penelitian didapatkan dari 129 responden, sebanyak 70,5% fungsi keluarga dalam pencegahan kehamilan remaja dalam keadaan sehat/berfungsi dengan baik dan berada pada kategori baik. Hasil olah data penelitian nilai p-value fungsi pemecahan masalah dalam pencegahan kehamilan remaja (0,696) α (0,05), komunikasi (0,001) α (0,05), peran (0,000) α (0,05), Respon Afektif (0,134) α (0,05), Keterlibatan Afektif (0,29) α (0,05), fungsi kontrol perilaku (0,199) α (0,05), dan fungsi umum (0,904) α (0,05). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fungsi komunikasi dan peran terdapat hubungan dalam pencegahan kehamilan remaja. Sebaliknya, fungsi pemecahan masalah, respon afektif, keterlibatan afektif, kontrol perilaku, dan fungsi umum tidak terdapat hubungan dalam pencegahan kehamilan remaja.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...